Kamis, 07 Oktober 2010

3 Masalah Yang Timbul Karena Salah Pilih Sepatu


Jakarta - Banyak alasan Anda saat memilih sepatu. Model, bentuk dan harga seringkali jadi pertimbangan. Namun jangan sepelekan masalah kesehatan.

Seringkali model yang keren serta harga yang terjangkau membuat kita tak memperdulikan kualitas sepatu. Padahal, kualitas sepatu yang buruk bisa berbahaya bagi Anda.

Berikut beberapa masalah yang timbul karena salah memilih sepatu seperti dikutip dari Helium.

1. Kapalan (Penebalan kulit)
Kapalan alias penebalan kulit dapat terjadi jika kita memilih sepatu yang tidak tepat. Jika Anda salah memilih model atau ukuran sepatu, kulit kaki Anda akan bergesekan dengan kulit sepatu. Tak jarang gesekan itu juga terjadi antara jari-jari kaki Anda. Gesekan terus menerus itu yang menyebabkan kapalan serta penebalan kulit.

2. Heel Spur (Penumbuhan tulang)
Heel Spur adalah penumbuhan tulang kecil yang menyerupai duri di bagian tumit. Hal ini disebabkan oleh peradangan yang menstimulasi sel-sel dalam tubuh membentuk tulang yang baru. Bentuk sol sepatu yang tidak baik dapat memicu peradangan tersebut.

Akibat dari hell spur, akan terjadi rasa nyeri juga pembengkakan di sekitar pergelangan kaki.

3. Kuku tumbuh ke dalam
Salah memilih bentuk dan ukuran sepatu juga bisa merusak kuku kaki Anda. Tekanan yang disebabkan oleh ujung sepatu memaksa kuku untuk tidak tumbuh. Pertumbuhan kuku kaki Anda menjadi tidak normal, karena arahnya ke dalam.

Tadi adalah sedikit dari berbagai masalah yang bisa timbul karena Anda salah memilih sepatu. Nyeri punggung, saraf kaki yang rusak serta risiko kaki terkilir tentunya tak bisa dilupakan begitu saja.

Untuk itu, jangan lagi asal pilih. Sayangi diri Anda dengan menggunakan sepatu yang indah juga sehat.
(kee/kee)

0 komentar:

Posting Komentar