Jumat, 26 Februari 2010

Cabang Filsafat

1.ONTOLOGI
Kita tahu bahwa Ontologi adalah cabag filsafat yang membicarakan tentang obyek yang mana obyek itu akan dibahas secara detail dan menjadi tujuan dalam pembahasan ini. Sepeti contoh yang akan saya jadikan obyek pembahasan kali ini adalah Manusia. Manusia adalah makhluk Allah yang sangat sempurna karena manusia diciptakan dengan akal yang sehat dan hawa nafsu, berbeda dengan makhluk Allah yang lainnya seperti binatang yang hanya diberikan akal saja. Manusia adalah obyek yang sangat penting dan berpengaruh sekali dalam kehidupan ini karena kita hidup bersosialisasi, pasti kita akan membutuhkan satu sama lainnya kita tidak bisa hidup sendiri kita masih membuthkan tenaga manusia untuk melakukan sesuatu. Maka dari itu manusia obyek yang sangat urgent di dunia ini.
2.EPISTOMOLOGI
Epistomologi adalah cabang filsafat yang membicarakan atau menyelidiki sumber-sumber kebenaran yang menjadi obyek dalam pembahasan ini. Disini saya mengambil obyek Manusia, disini saya akan mencoba untuk membahas sedikit tentang asal-muasal Manusia. Manusia awalnya diciptakan dari segumpal darah dan mani, seperti yang terdapat di dalam ayat Al-Qur’an yang berbunyi sebagai berikut: “Min ayyi syaiin khalaqah?” “Min nutfathin khalaqah faqaddarah” (QS.A’BASA :18-19). Maksud dari ayat ini adalah yang berarti, dari manakah kamu wahai Manusia diciptakan? Yaitu kamu wahai Manusia diciptakan dari mani yang hina, maka dari itu janganlah kamu menyombongkan diri di muka bumi ini, tetapi di sisi lain Manusia adalah ciptaan Allah yang paling sempurna. Manusia dibekali dengan akal, hawa nafsu, dan diberi indra yang sempurna yaitu mata untuk melihat, telinga untuk mendengar, hidung untuk mencium sesuatu, tangan, kaki untuk berjalan, dan mulut untuk berbicara yang baik. Dari pembahasan sangat jelas bahwa di sisi lain Manusia juga mempunyai kelebihan yang mana kelebihan tersebut di berikan oleh Allah agar manusia bisa menggunakan atau memanfaatkannya dengan sebaik mungkin.



3.AKXIOLOGI
Axiologi adalah cabang filsafat yang membahas mengenai nilai guna suatu obyek tersebut, axiology membicarakan apa manfaatnya dan untuk apa. Manusia memiliki nilai yang sangat penting dalam kehidupan ini karena tanpa Manusia kehidupan ini mungkin tidak ada, Manusia mempunyai keuunggulan tersendiri karena dia diberi akal yang sempurna untuk berfikir, sudah banyak contoh di dunia ini yaitu seperti, Negara Jepang yang menjadi Negara yang maju yang memiliki teknologi canggih. Manusia sudah berkembang maju dengan pesat, itulah guna Manusia untuk saling bersosialisasi dan menembangkan pemikiranyya untuk kesejahteraan Manusia lainnya.

0 komentar:

Posting Komentar